Monday 31 December 2012

Makna tentang sebuah Tahun Baru



Tahun baru memang spesial bagi sebagian orang yang bisa merayakannya bersama orang-orang tercinta. Tapi diluar itu apakah sebenarnya keistimewaan sebuah pergantian tahun?

Tidak lama lagi tahun 2013 segera akan tiba. Dan tahun 2012 akan segera terlewatkan. Hal ini tentunya banyak sekali meninggalkan kisah dan catatan dalam kehidupan seseorang. Dari bermacam catatan tersebut ada yang manis , pahit , sakit , bahagia, dan sedih.
 
Banyak sekali yang sudah mempersiapkan diri menyambut tahun baru 2013. Ada yang berencana berlibur bersama keluarga dan orang-orang terkasih, belanja sepuasnya, sekedar berkumpul bersama teman-teman, atau bahkan mungkin ada yang hingga menyambut tahun baru ke luar negeri.
 
Hal ini memang wajar, karena baginya itu adalah salah satu bentuk apresiasinya menyambut kebahagiaan ditahun baru. Tapi bagaimanakah orang-orang yang pada malam tahun baru tidak dapat merayakannya?
 
Ada dari beberapa orang mungkin sedang dirundung duka, anak-anak yatim piatu, pengemis dan gelandangan. Mereka yang bekerja keras hanya untuk mendapatkan sepiring nasi. Para orang jompo yang tengah merasa sunyi dan sendirian. Pernahkah sedikit terlintas akan nasib-nasib mereka ketika sebagian besar orang yang lain tengah asyik meniup terompet dan membakar kembang api?
 
Banyak orang berkata tentang kasih sayang yang selalu berbagi kebahagiaan dengan sesama. Tapi pada saat yang seperti ini adakah salah satu dari mereka yang memikirkan nasib mereka yang tengah dirundung duka dan kesepian? Semua orang sibuk menyiapkan kebahagiannya sendiri dan lupa dengan keadaan orang lain. Orang-orang enggan berbagi dengan para pengemis, atau bahkan malah mengusirnya karena risih dengan penampilannya yang kotor dan bau.
 
Jika Anda pikirkan lagi, dengan datangnya tahun baru berati bertambah tualah usia kita. Dengan penambahan usia tersebut sudahkah kita melakukan sebuah hal yang berati untuk orang lain disekitar kita, orang-orang yang kita sayangi, dan diri kita sendiri?
 
Tahun mendatang adalah kesempatan bagi Anda. Mengisi tahun baru tidak perlu dengan bersenang-senang atau berfoya-foya. Gunakan tahun baru sebagai kesempatan berbagi kasih dengan sesama, melakukan hal-hal yang dapat memberikan arti bagi orang-orang lain yang dikasihi, merubah sebuah kehidupan menjadi lebih baik, bermanfaat, berusaha mengisi tahun-tahun mendatang dengan sesuatu yang baru, dan semakin bijaksana melangkah dalam kehidupan selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment